Kumpulan Informasi Tentang Benda Kuno Dan Sejarah Masa Lalu

Sabtu, 07 November 2020

Peradaban Kuno Sepanjang Hilir Sungai Nil

Mesir kuno adalah suatu peradaban kuno di bagian timur laut afrika. Peradaban kuno lembah sungai nil merupakan salah satu peradaban yang maju di dunia.

10 Fakta Mesir Kuno Temukan Rahasia Peradaban Kuno Ini Ancient Egypt Pharaohs Egypt Ancient Egyptian

Selain itu juga dapat kita lihat dari berdirinya kota kota kuno seperti kota kairo iskandaria abusir dan rosetta yang terletak di lembah sungai nil.

Peradaban kuno sepanjang hilir sungai nil. Peradaban sungai nil selanjutnya adalah pemerintahan mesir kuno. Etiopia uganda kenya mengalir ke utara melewati sepanjang apa yang kini disebut sudan dan mesir yang panjangnya lebih dari 5000 km astawa dan keren 2011. Peradaban kuno lembah sungai nil ini juga disebut dengan hadiah sungai nil yang disebutkan oleh herodotus.

Peradaban ini terpusat di sepanjang hilir sungai nil. Bobo id sungai nil merupakan salah satu yang masuk daftar sungai terpanjang kedua di dunia setelah sungai amazon. Sungai ini mempunyai peran penting bagi kehidupan masyarakat kuno mesir ini karena letak mesir yang berada di tepi sunga nil.

Aliran sungai nil yang membentuk pusat peradaban mesir kuno dimulai dari tanah tinggi afrika timur kini. Peradaban ini terpusat di sepanjang hilir sungai nil. Sepanjang lembah sungai nil terbagi dalam dua wilayah yaitu sungai nil hulu dan sungai nil hilir pada masing masing daerah terbentuk kelompok yang terpisah.

Sungai nil memiliki panjang sungai yaitu 6 650 kilometer. Kedua wilayah ini dapat dipersatukan oleh menes bersama dengan bentuk kerajaan dan beribukota memphis terhadap th. Dimana kerajaan tua mesir cikal bakal peradaban mesir ketika menes berhasil menyatukan mesir hulu dan mesir hilir dimana berlangsung dari tahun 3100 sm hingga 2134 sm masa kerajaan mesir tua terpecah belah.

Sejarahnya mengalir melalui periode kerajaan kerajaan yang stabil masing masing diantarai oleh periode. Peradaban ini dimulai dengan unifikasi mesir hulu dan hilir sekitar 3150 sm 1 dan selanjutnya berkembang selama kurang lebih tiga milenium. Kebesaran peradaban mesir kuno dapat kita lihat dari bangunan bangunan bersejarah yang masih berdiri kokoh hingga saat ini seperti piramida sphinx dan obelisk.

Sepanjang lembah sungai nil terbagi didalam dua wilayah yaitu sungai nil hulu dan sungai nil hilir terhadap masing masing daerah terbentuk group yang terpisah. Peradaban lembah sungai nil dibangun oleh masyarakat mesir kuno. Mesir bahkan mendapat banyak keuntungan dari sungai nil lo.

Dari ungkapan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa mesir merupakan daerah yang tandus seperti daerah daerah timur tengah lainya. Menes inilah yang menjadi raja mesir kuno. Peradaban lembah sungai nil di mesir afrika lahir disebabkan kesuburan tanah di sekitar lembah sungai yang diakibatkan oleh banjir yang membawa lumpur hal inilah yang menarik perhatian manusia untuk mulai hidup dan membangun peradaban di tempat tersebut.

Masa pemerintahan kerajaan mesir kuno sendiri terpecah menjadi 3 masa. Peradaban lembah sungai nil dibangun oleh masyarakat mesir kuno. Peradaban ini dimulai dengan unifikasi mesir hulu dan hilir sekitar 3150 sm dan selanjutnya berkembang selama kurang lebih tiga milenium.

Bab ii isi perkembangan mesir kuno adalah suatu peradaban kuno di bagian timur laut afrika. Kedua wilayah ini dapat dipersatukan oleh menes dengan bentuk kerajaan dan beribukota memphis pada tahun 3000 sm. Menes inilah yang menjadi raja mesir kuno.

10 Fakta Mesir Kuno Temukan Rahasia Peradaban Kuno Ini Mesir Kuno Mesir Peradaban

10 Fakta Mesir Kuno Temukan Rahasia Peradaban Kuno Ini Great Pyramid Of Giza Egypt Travel Egyptian Pyramids

10 Fakta Mesir Kuno Temukan Rahasia Peradaban Kuno Ini Piramida Mesir Mesir Mesir Kuno


0 komentar:

Posting Komentar