Kumpulan Informasi Tentang Benda Kuno Dan Sejarah Masa Lalu

Selasa, 27 Oktober 2020

Peta Jalur Perdagangan Nusantara Kuno

Berkaitan dengan jalur perdagangan laut pemerintah indonesia memiliki rencana membangun. Jalur laut adalah jalur yang paling efisien untuk mengangkut barang dalam jumlah besar.

Buton Pages Islam Masuk Di Nusantara Semasa Rasullullah Saw Masih Hidup

Pada rentang abad ke 7 hingga abad ke 9 kerajaan besar di nusantara yang ikut andil dalam perdagangan internasional yaitu kerajaan sriwijaya pada saat itu kerajaan sriwijaya memegang peranan penting dalam perdagangan asia.

Peta jalur perdagangan nusantara kuno. Diambil dari buku the silk road in world history 2010 karya xinru liu istilah jalur sutera tidak pernah ditemukan dalam catatan sejarah china. Perdagangan yang dilakukan antara pedagang pedagang nusantara ini selalu dihubungkan dengan perdagangan sutra melalui jalur laut sehingga pelabuhan pontianak memiliki peran strategis. Indonesia terletak di jalur strategis perdagangan internasional yang disebut jalur sutra laut yaitu dari tiongkok dan indonesia melalui selat malaka ke india.

Yaitu jalur makassar tiworo wawoni bungku tombuku dan banggai ternate. Letak pelabuhan pontianak yang agak menjorok ke daratan mengakibatkan pelabuhan ini aman untuk berlabuh kapal. Jalur perdagangan itu dikenal paling cocok cortesao 1944.

Hubungan perdagangan antar pulau di nusantara berlangsung sampai dengan tahun 1500. Sī chóu zhī lù bahasa persia راه ابریشم râh e abrisham adalah sebuah jalur perdagangan melalui asia selatan yang dilalui oleh karavan dan kapal laut dan menghubungkan chang an republik rakyat cina dengan antiokhia suriah dan juga tempat lainnya. Jalur tersebut mempertemukan pedagang dari barat dan timur untuk melakukan aktivitas perdagangan.

Makin kompleks suatu masyarakat maka makin kompleks pula tata cara perdagangannya. Perkembangan perdagangan dilanjutkan pada masa kerajaan sriwijaya mulai abad ke 7 selanjutnya kerajaan pajajaran abad ke 8 dan abad abad berikutnya dilanjutkan kerajaan. Perdagangan sangat erat kaitannya dengan perkembangan masyarakat yang bersangkutan.

Tome pires juga menyebutkan pedagang asing yang berhubungan dengan malaka. Temen temen kamis kemarin pak may ngasih tugas buat nyalin gambar peta jalur perdagangan jalur sutra nusantara di buku tulis. Buat yang jalur perdagangan nusantara karena ada 3 jalur kata pak may ketiga jalurnya cukup digambar di satu peta indonesia aja tapi warna jalurnya dibedakan.

Jalur sutra hanzi tradisional. Sī chóu zhī lù bahasa persia راه ابریشم râh e abrisham adalah sebuah jalur perdagangan melalui asia yang menghubungkan antara timur dan barat dengan dihubungkan oleh pedagang pengelana biarawan prajurit nomaden dengan menggunakan karavan dan kapal laut dan menghubungkan chang an. Jalur sutra rute jalur sutra jalur sutra hanzi tradisional.

Mulai abad ke 5 sampai 6 perdagangan sudah mulai berkembang terutama di sumatera tengah. Jalur sutra atau silk road merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan sebuah jalur perdagangan kuno yang menjadi pusat interaksi budaya melalui euroasia yang menghubungkan antara timur dan barat yang membentang dari semenanjung korea dan jepang ke laut tengah. Nantinya sebelum kedatangan voc ada 3 jalur perdagangan dan pelayaran rempah rempah di sulawesi tenggara.

Jalur Sutera Sejarah Dan Posisi Indonesia Halaman All Kompas Com

Jalur Perdagangan Laut Antara Asia Barat Asia Tenggara Dan Asia Timur Berkas Ilmu

Jalur Sutra Sarana Interaksi Peradaban Dunia Republika Online

Jalur Sutra Jalur Perdagangan Kuno Penghubung Timur Dan Barat Sekolah Umroh Biro Umroh Jogja Paket Umroh Jogja

Indonesian Persons Jaringan Perdagangan Dan Pelayaran Yang Menghubungkan Asia Eropa Sampai Abad Ke 18

7 Fakta Jalur Sutra Rute Perdagangan Kuno Paling Masyhur

Kedatanganbangsaeropakeindonesia 140305045018 Phpapp01


0 komentar:

Posting Komentar