Kumpulan Informasi Tentang Benda Kuno Dan Sejarah Masa Lalu

Jumat, 23 Oktober 2020

Alat Komunikasi Kuno Lonceng Dan Fungsinya

Lonceng dan kentongan sebuah alat tradisional yang digunakan dengan cara memanfaatkan suara yang dihasilkan oleh alat tersebut. Alat komunikasi komunikasi adalah proses untuk menyampaikan pesan dari komunikator ke komunikan.

Instagram Photo By Balebengong Jul 27 2016 At 10 06am Utc Instagram Instagram Posts Photo

Berikut ini raja jempol berikan gambar beberapa peralatan komunikasi zaman dahulu dan fungsinya masing masing peralatan tersebut.

Alat komunikasi kuno lonceng dan fungsinya. Alat komunikasi merupakan sebuah perangkat yang difungsikan untuk bisa menjadi perantara dalam menyampaikan sebuah informasi dari satu individu ke individu lain pengiriman bisa menggunakan berbagai perantara baik yang terhubung ataupun tidak. Akhirnya selesai juga tulisan ini. Dengan perkembangan jaman yang terjadi tentu saja sebuah transformasi dari jenis alat komunikasi terus mengalami perubahan.

Jika anda punya tambahan poin untuk alat komunikasi tradisional dan modern maka silahkan tuliskan di kolom komentar. Bentuknya biasanya adalahsebuah tabung dengan salah satu sisi yang terbuka dan bergema saat dipukul. Baik itu ke satu orang ataupun beberapa orang.

Proses ini bisa berlangsung secara lisan maupun lewat tulisan. Titik dilambangkan dengan satu kali bunyi lonceng dan garis dilambangkan dengan dua kali bunyi lonceng secara berurutan karena pada zaman dulu belum ada telepon kereta api. Alat ini memiliki perbedaan dengan alat komunikasi modern yaitu kecanggihannya.

Alat komunikasi tradisional 1. Posted in umum tagged alat komunikasi kuno beserta fungsinya alat komunikasi zaman sejarah apa fungsi kentongan pada masa. Alat komunikasi kuno adalah alat sederhana yang sudah ditemukan sejak zaman dahulu yang mana fungsinya bisa digunakan untuk menyampaikan informasi.

Untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada orang banyak masyarakat zaman dulu menggunakan lonceng atau kentungan. Mereka akan membunyikan lonceng atau kentungan sebagai penanda pesan. Namun apabila ada jarak antara komunikator dan komunikan peralatan komunikasi tentu dibutuhkan.

Penyampaian informasi tersebut bisa berupa tulisan bunyi dan sandi. Hingga saat ini alat komunikasi berupa lonceng dan ketungan masih dipakai lo. Beduk adalah alat yang berbentuk bundar dengan bahan kulit binatang yang berfungsi untuk memanggil atau sebagai tanda untuk waktunya sholat bagi umat muslim.

Nah komunikasi langsung memang tak membutuhkan perantara. Demikian ulasan tentang media komunikasi masa kuno diatas semoga bermanfaat dan baca juga artikel lain yang masih terkait dengan tema jenis dan fungsi alat komunikasi masa kini modern. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu peningkatan wawasan pembaca.

Perbedaan alat komunikasi modern dan tradisional. Dahulu lonceng digunakan untuk mengabarkan suatu berita kepada masyrakat dansebagai penanda waktu. Fungsinya adalah untuk komunikasi awak kereta dengan stasiun yang menggunakan sandi morse jika terjadi sesuatu seperti jika mogok atau terjadi perampokan.

Lonceng adalah suatu peralatan sederhana yang digunakanuntuk menciptakan bunyi. Kentongan hingga saat ini masih sering digunakan di pos ronda atau membangunkan sahur.


0 komentar:

Posting Komentar